Mengenal Puskesmas dan Pelayanan Kesehatannya

Mengenal Puskesmas Pahandutpky dan Pelayanan Kesehatannya

Puskesmas Pahandutpky (Pusat Kesehatan Masyarakat) merupakan fasilitas terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia. Jika Anda merasa sakit, jangan ragu mendatangi Puskesmas untuk berobat.

Puskesmas didirikan di tiap kecamatan di Indonesia. Tiap kecamatan biasanya memiliki satu Puskesmas. Namun, jika jumlah penduduk dan kebutuhan akan pelayanan kesehatan terbilang besar, maka dapat didirikan lebih dari satu Puskesmas dalam satu kecamatan.

Puskesmas didukung oleh tenaga medis yang kompeten, meliputi dokter, dokter gigi, bidan, perawat, petugas laboratorium, tenaga kesehatan lingkungan dan masyarakat, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pahandutpky

Terlepas dari statusnya sebagai sarana kesehatan tingkat pertama, Puskesmas Pahandutpky punyai sarana yang mampu diandalkan untuk melayani pasien. Puskesmas terhitung mampu memberikan perawatan penyakit yang memadai, meski sebenarnya tidak selengkap di rumah sakit besar.

Beberapa service kesehatan yang mampu diberikan oleh Puskesmas adalah:

1. Rawat jalan tingkat pertama
Puskesmas memberikan service pencegahan penyakit, konsultasi, dan anjuran pengobatan terhadap pasien yang tidak memerlukan rawat inap.

Pelayanan rawat jalan yang disajikan oleh Puskesmas antara lain:

  • Promosi, penyuluhan, dan service kesehatan fisik, kesehatan jiwa, kesehatan gigi, kesehatan reproduksi (termasuk deteksi dini kanker serviks), napza, pola makan, kesehatan lansia, serta kesehatan kerja dan olahraga
  • Pelayanan kesehatan lingkungan bersama memantau tempat-tempat umum, pengelolaan makanan, dan sumber air bersih
  • Pelayanan kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana, layaknya pengecekan suasana ibu hamil, mendukung persalinan, perawatan jaman nifas, program keluarga berencana, pertolongan imunisasi basic bagi bayi dan anak, serta konseling menyususi dan makanan pendamping ASI
  • Pelayanan gizi bersama lakukan deteksi dini kasus gizi di masyarakat dan lakukan asuhan keperawatan terhadap kasus gizi
  • Pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit, baik penyakit menular maupun tidak menular
  • Pelayanan skrining kesehatan untuk pasien bersama risiko penyakit kronis, layaknya diabetes type 2 dan hipertensi
  • Pengobatan tradisional, komplementer, dan alternatif bersama pemanfaatan tanaman obat keluarga
  • Rawat inap tingkat pertama
  • Puskesmas terhitung memberikan penanganan rawat jalan yang disertai tambahan sarana rawat inap cocok indikasi medis pasien. Rawat inap di Puskesmas cuma diperuntukkan untuk kasus-kasus yang durasi rawatnya paling lama 5 hari. Pasien yang memerlukan perawatan lebih dari 5 hari wajib dirujuk ke rumah sakit.

Layanan Kesehatan Pengguna BPJS di Puskesmas Pahandutpky

Sejak tahun 2014, pemerintah Indonesia udah memutuskan sistem jaminan kesehatan berskala nasional yang dinamakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dengan menjadi peserta BPJS dan membayar iuran cocok kewajiban, peserta dapat mendapat service kesehatan cocok haknya.

Keuntungan sebagai anggota BPJS adalah memperoleh service kesehatan bersama keringanan biaya atau lebih-lebih tanpa dipungut biaya sama sekali. Berikut adalah kemudahan-kemudahan yang mampu didapatkan oleh peserta BPJS:

Apabila Anda berada di luar wilayah Puskesmas atau sarana kesehatan (faskes) daerah Anda terdaftar, Anda tetap mampu berobat di Puskesmas manapun, tidak wajib di Puskesmas daerah Anda terdaftar.
Jika terjadi suasana gawat darurat, Anda terhitung mampu memperoleh service kesehatan di Puskesmas atau faskes manapun.
Jika Anda memerlukan service kesehatan tingkat lanjutan, dokter di Puskesmas atau faskes dapat memberikan rujukan supaya Anda mampu melanjutkan pengobatan ke sarana sarana kesehatan yang lebih lengkap, layaknya di rumah sakit.
Melihat lengkapnya service kesehatan yang disediakan, Anda tidak wajib curiga berobat di Puskesmas. Selain service yang terbilang lengkap, Puskesmas terhitung didukung oleh tenaga medis yang profesional, layaknya dokter umum, serta sarana yang memenuhi standar.

Apabila terdapat suasana gawat atau penyakit spesifik yang wajib ditangani oleh dokter spesialis dan memerlukan sarana yang tidak ada di Puskesmas, maka Puskesmas mampu memberikan surat pengantar untuk merujuk pasien ke sarana kesehatan tingkat lanjut, yaitu rumah sakit.


Posted

in

by